Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2023

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan



Festival Sastra Internasional Gunung Bintan yang kerap populer disebut FSIGB, di tahun 2023 ini akan hadir kembali. Acara sastra bergengsi yang melibatkan para penyair dalam dan luar negeri ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

Diketahui sebelumnya, kegiatan FSIGB pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018, pencetusnya adalah Datok Rida K Liamsi, seorang sastrawan Indonesia yang telah melahirkan banyak karya sastra. Beruntungnya lagi, Datok Rida ini, selain pandai menulis karya sastra, beliau sangat ramah, santun, dan menyenangkan. 

Terbukti, selama kami menjadi peserta FSIGB setiap tahunnya, beliau masih saja santun kepada siapapun, bahkan jika kita mengirimkan pesan via Whastapp, beliau selalu saja merespons, dan kerennya lagi. Sejak pertama saya bertemu dengannya, sampai sekarang beliau masih tetap bisa mengingat saya dengan baik. Begitulah Datok.

Festival Sastra yang selalu dinantikan para penyair di Indonesia ini, masih konsisten diselenggarakan. Terbukti sudah lima tahun berturut-turut kegiatan pertemuan penyair terbesar ini masih secara apik terselenggara. Meski pada tahun 2020 dan 2021, penyelenggaraan kegiatan FSIGB hanya dilaksanakan secara daring atau virtual, namun tetap saja berkesan. 

Bagi kawan-kawan penyair, mari bertemu lagi melalui karya, melalui acara sastra, melalui puisi, melalui kata-kata. 

Berikut informasi terbaru terkait rencana penyelenggaraan FSIGB tahun 2023, yang saya kutip dari Datok Rida di WAG Jazirah Sastra. 

Dear all, apa kabar?
Bersama ini disampaikan pengumuman pertama dari Panitia  Pelaksana FSIGB 2023. Harap maklum. Penjelasan teknis akan disampai kemudian. 

Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2023

  1. FSIGB 2023 akan diadakan di Tanjungpinang, pada 29 sampai 31 Oktober 2023.
  2. Peserta diseleksi berdasarkan buku kumpulan puisi tunggal yang terbit pada 2023. 
  3. Calon peserta hanya boleh mengirim satu kumpulan puisi untuk diseleksi oleh  tim kurasi yang ditetapkan panitia. 
  4. Buku puisi yang akan dikurasi dikirimkan ke alamat: 
  5. Panitia pelaksana FSIGB 2023 d/a Kantor Yayasan Jembia  Emas,  jalan DI Panjaitan, no 47. Bintan Center, KM IX, Tanjungpinang, Kepulauan  Riau, telp:  0817921717 atau 08117001943
  6. Hasil kurasi akan diumumkan pada 30 Agustus 2023. 
  7. Panitia hanya akan memilih 100 peserta berdasarkan hasil kurasi buku puisi yang dikirimkannya dan yang dinyatakan lolos kurasi  akan diundang mengikuti acara  FSIGB 2023.
  8. Lima buku puisi pilihan panitia akan dijadikan buku yang akan dibahas dalam sesi diskusi/seminar oleh beberapa pembicara yang ditunjuk panitia, pada event pertemuan sastera dengan para peserta yang diundang . 
  9. Dua buah puisi yang termuat dalam buku puisi yang lolos kurasi itu akan dipilih panitia untuk diterbitkan dalam antologi puisi  bersama Jazirah Empat Belas. 
  10. 100 buku yang lolos kurasi akan diluncurkan bersama  pada event FSIGB 2023 yang teknisnya  akan  disampaikan kemudian. 
  11. Semua peserta akan mendapatkan sebuah  buku antologi puisi bersama secara cuma-cuma, Jazirah Empat Belas, sebagai  tanda bukti dan akan diberikan pada saat peserta hadir atau akan dikirim ke alamat peserta setelah acara FSIGB 2023 selesai, bagi yang tidak hadir. 
  12. Bagi peserta yang lolos kurasi dan  diundang untuk  mengikuti acara, panitia tidak menanggung ongkos transportasi datang ke Tanjungpinang dari tempat masuk masing masing peserta. Panitia hanya menyediakan kamar untuk menginap selama acara dengan satu kamar  berdua atau bertiga. Dan konsumsi selama  acara berlangsung, serta transpitasi lokal ke tempat acara dari hotel. 
  13. Selama event acara FSIGB 2023, akan ada acara peluncuran 100 buku bersama, seminar atau diskusi, ziarah  budaya, baca puisi bersama, yang susunan acaranya akan diberitahu kemudian. 
  14. Hal hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan pada panitia pelaksana pada Rida K Liamsi, HP +628179121717 atau Irwanto Daud, HP +6281364261676

Tanjungpinang, 10 Mei 2023

Penjab  acara FSIGB 2023
Kadisbud Kepri
Rida K Liamsi
Husniza

Itulah tadi Info Sastra dari sudutkerlip.com terkait Program Tahunan dari Pemerintah Provinsi Kepualaun Riau melalui Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan Yayasan Jembia Emas dengan tajuk "Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2023".

Selamat berkarya, selamat berjumpa. Salam Puisi tak henti-henti. (Ihsan Subhan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) 2023"

Posting Komentar

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel