Lomba Menulis Puisi 2023 untuk Guru

Lomba menulis puisi 2023 untuk guru


Lomba Menulis Puisi 2023 untuk Guru adalah lomba cipta puisi yang diselenggarakan oleh Ruang Baca Komunitas kerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI. 

Prolog

Mencipta puisi adalah seni mengungkapkan perasaan dan gagasan melalui media kata dan kepekaan bahasa. Lomba Menulis Puisi 2023 untuk guru bertujuan untuk mewadahi gagasan, ide, imajinasi, serta kreativitas para guru terkait semangat kebangsaan melalui penulisan puisi. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan dan pengembangan apresiasi sastra, memupuk kepekaan berbahasa serta memacu semangat dan merangsang kreativitas para guru untuk berkarya.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Terbuka untuk semua guru yang bertugas di Kota Banjar dalam berbagai tingkatan (TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA).
  2. Tema utama puisi tentang “Kebangsaan” dengan sub-tema meliputi: cinta tanah air, persatuan, bhineka tunggal ika, kebanggaan pada bendera merah putih, kebanggaan pada bangsa, budaya dan bahasa Indonesia, toleransi, solidaritas sosial, pendidikan, merdeka belajar, patriotisme, kepahlawanan, dan sub tema lainnya yang relevan dengan semangat kebangsaan. 
  3. Karya puisi yang dilombakan belum pernah dipublikasikan atau diterbitkan dalam bentuk buku atau sejenisnya, serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba atau dalam kegiatan serupa lainnya. 
  4. Karya puisi yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiasi ataupun murni menjiplak atau memodifikasi dari naskah puisi yang telah ada sebelumnya. 
  5. Dewan Juri akan memilih dan menetapkan 3 (tiga) Juara Utama, yakni Juara I, Juara II, dan Juara III serta 7 (tujuh) Juara Favorit.  
  6. Dewan Juri berasal dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kemendikbudristek/Balai Bahasa Jawa Barat, Penerbit Lingkaran Yogyakarta/Fakultas Sastra UGM dan YRBK. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat. 
  7. Kriteria penilaian untuk cipta puisi meliputi tiga hal, yaitu: kesesuaian tema (30 persen); diksi, gaya bahasa, dan penyajian (30 persen), serta keutuhan dan keaslian/orisinalitas (40 persen).
  8. Teknis pengiriman karya:
  • Peserta mengisi pendaftaran pada link: https://s.id/lombaciptapuisi
  • Isian meliputi data: nama peserta, asal sekolah, nomor kontak, unggahan 1 (satu) karya puisi, bionarasi singkat penulis, serta surat pernyataan keaslian karya puisi yang dibubuhi tanda tangan peserta.  
  • Naskah puisi dan bionarasi dimaksud dibuat dalam file dengan format word. Sementara surat pernyataan keaslian karya yang dibubuhi tanda tangan peserta dibuat dalam file dengan format pdf.
  • Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai 7 Agustus 2023 dan berakhir pada 17 Agustus 2023 pukul 21.00 WIB.

 Apresiasi dan hadiah:

Panita akan memberikan apresiasi, penghargaan dan hadiah berupa Piagam Penghargaan, Piala/Plakat, Uang dengan jumlah nominal sebagai berikut:
  • Juara I:  1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Juara II: 1.250.000,- (Satu Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Juara III: 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
  • Juara Favorit untuk 7 orang @500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) 
Sebagai bentuk apresiasi, puisi para Juara dan puisi terpilih lainnya akan didokumentasikan dalam buku Antologi Puisi Kebangsaan.  

Penilaian 

Penilaian oleh Dewan Juri dilakukan pada akhir Agustus – September 2023, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan disinergikan dengan kegiatan Pagelaran Sastra Kota Banjar dalam rangka mengkhidmati “Bulan Bahasa” pada akhir Oktober 2023. 

Keterangan lebih lanjut dapat disimak dalam file berikut:

Itu tadi info sastra lomba menulis puisi 2023 untuk guru di semua jenjang pendidikan, yang diselenggarakan oleh Ruang Baca Komunitas atas bantuan pemerintah bidang kebahasaan dan kesastraan Pusat Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lomba Menulis Puisi 2023 untuk Guru "

Posting Komentar

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel