Remy Sylado Meninggal Dunia, Sang Penyair Puisi Mbeling

Remy Sylado


sudutkerlip.com - Remy Sylado Meninggal - Telah meninggal dunia seorang penyair, novelis dan budayawan Indonesia, Remy Sylado. Penyair puisi mbeling ini menghembuskan nafas terakhirnya usai dirawat di RSUD Tarakan, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Anak Remy, Gembul, membenarkan Kabar duka terkait wafatnya Remy Sylado

"Iya, ini masih rembukan antara pihak keluarga dan gereja. Kemungkinan baru akan dimakamkan, besok," kata Gembul saat dikonfirmasi wartawan.

Saat ini, kata Gembul, jenazah sang ayah masih disemayamkan di rumah.

"Hari ini masih disemayamkan di rumah," jelasnya.

Diketahui, Remy Sylado atau Japi Panda Abdiel Tambajong lahir pada 12 Juli 1945, merupakan seorang sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor dan mantan wartawan Indonesia keturunan Minahasa, Sulawesi Utara.

Ramy Sylado Penggagas Puisi Mbeling 

Dikutip dari Wikipedia, karir Remy Sylado berlangsung lebih dari lima dekade, sebagai aktor ia muncul di belasan film layar lebar dan merupakan salah satu aktor paling disegani di generasinya. Ia juga seorang penulis aktif yang beberapa karyanya telah diadaptasi ke layar lebar.

Salah satu film populer yang pernah dibuat berdasarkan tulisannya adalah Ca-bau-kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-bau-kan: Hanya Sebuah Dosa (1999). 

Ramy Sylado adalah tokoh sastra penggagas 'puisi mbeling' pada tahun 1972. Saat itu, di masa Orde Baru dan banyak seniman yang dibungkam.

Dalam ranah sastra, puisi 'mbeling' melampaui batas dan pakem yang ada. Tak seperti angkatan sebelumnya yang penuh dengan rima, mbeling muncul dengan apa adanya bahkan kata maupun huruf yang dipakai Remy Sylado nyeleneh.

Remy Sylado pernah menjelaskan, bahwa puisi mbeling hadir sebagai penampungan kreativitas bagi anak muda. Sudah tak zamannya lagi, puisi itu terikat pada kata-kata yang sama maupun berima. Mbeling sendiri artinya nakal, susah diatur, dan memberontak dalam bahasa Jawa. 



Sumber: Dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Remy Sylado Meninggal Dunia, Sang Penyair Puisi Mbeling "

Posting Komentar

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel