Persepsi Logo Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-95 Tahun Masehi

Hari ini tepatnya hari Minggu (31/1/2021) merupakan tanggal merah di akhir pekan dan juga di penghujung bulan Januari yang sangat memukau di dunia maya. Tak heran banyak warganet yang memasang meme atau poster yang memakai logo hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-95 tahun.

Di tanggal merah ini, banyak umat muslim di Indonesia  memerihkan hari lahir organisasi Islam terbesat di tanah air ini dengan cara memasang foto mereka dengan twibbon berlogokan harlah NU yang ke-59.

Media Sosial kini kebanjiran meme dan twibbon Harlah NU yang ke-59 di tahun 2021 ini. Tidak hanya logo, ucapan selamat dengan teks pun banyak dipublish di media sosial.

Wajar memang, karena NU merupakan organisasi islam terbesar dan tertua di Indonesia. NU lahir atau dibentuk pada tanggal 31 Januari tahun  1926. Cukup lama banget kan?

Namun saya tidak akan mengulas sejarah NU dan peradaban islam di hari ini, Saya hanya ingin menanggapi logo Harla NU yang ke-59.

Dari bentuknya, kita sudah bisa melihat secara kasat mata, logo itu membentuk angka sembilan, dan angka lima, jika disatukan menjadi 95.

Sebagai pemanis logo, si pembuat logo menempatkan logo NU di sisi kiri atas atau di atas angka sembilan, ditambah dengan teks yang bertuliskan "31 Januari 1962 - 2021".

Selanjutnya di bagian paling bawah ada teks atau kalimat yang bertuliskan "Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan".

Ada yang menarik lainnya dari logo Harlah NU ke-59 ini. Yaitu pewarnaannya. Warna logo tersebut dibagi menjadi dua warna; hijau dan coklat muda. Namun sebagai pemanisnya dibuat gradasi warna hijau yang eksotis. Sehingga terkesan melengkung nampak tiga dimensi.

Selain itu, yang saya perhatikan lebih detil lagi. Logo Harlah NU ke-59 ini tidak hanya membentuk angka sembilan dan lima. Tetapi dapat membentuk angka sembilan dan delapan juga. Hanya saja angka delapannya tidak berdiri. Angka tersebut sengaja diflip agar nampak tertidur.

Angka depalan di logo Harlah NU tahun 2021 ini, sengaja juga dibuat seperti itu, karena jika dikaitkan dengan tahun lahir Hijriyahnya adalah 16 Rajab 1344 H, maka persamaan dengan tahun masehi, jatuhnya untuk tahun hijriah saat ini adalah 16 Rahab 1442.

Jadi, kenapa saya menulis artikel tentang Harlah Nu tahun ini, karena memang ingin mengulas logonya saja, hehe.

Demikian ya, saya ucapkan Selamat Memperingati Harlah NU ke-59 ya... Semoga Indonesia damai dan dijauhkan dari bencana dan pandemi. Terima kasih.

Oh iya yang ingin download logo Harlah NU tahun 2021 M/1442 H ini, silahkan aja save as image aja ya di atas. (Ihsan Subhan)


  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persepsi Logo Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-95 Tahun Masehi"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel