Tentang Hoax di Status Whatsapp: Data Pribadi dan Akun Bank Akan Dihack?



Mendengar orang-orang sekitar lingkungan saya ramai membicarakan tentang status whatsapp yang aneh, saya sih agak sedikit menyunggingkan senyum kecil. hehe, dan dalam hati sudah langsung menebak. Bahwa itu pasti hoax.

Namun karena kabar status aneh dengan logo whatsapp bercentang hijau di sebelah kanannya itu, setelah saya lihat, ternyata memang ada. Sebelumnya pun di media sosial ramai dibahas juga, ada kiriman dari orang-orang yang berbicara soal ke-hati-hatian terhadap status whatsapp tersebut, dan jangan sampai dibuka. Karena jika dibuka, maka data pribadi dan akun bank kita akan dihack oleh hacker. 

Rasa penasaran saya justru semakin tinggi ingin membuka status whatssapp itu, dan akhirnya saya buka. Setelah saya klik dan akhirnya terbuka.

Rasanya ketika membuka status whatsapp yang disangka orang-orang begitu menghawatirkan dan aneh. Justru saya berpikir bahwa itu adalah sudah tentu pesan dari whatsapp official, yang mengabarkan informasi kepada penggunanya tentang kebijakan-kebijakan terbaru whatsapp.

Ada empat pesan yang disampaikan dari pesan status whatsapp itu,
  1. Whatsapp sekarang membagikan informasi di status. Di sini anda dapat mengetahui informasi dan fitur baru
  2. Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda.
  3. Whatsapp tidak bisa membaca atau mendengarkan percakapan pribadi Anda, karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end.
  4. Nantikan Informasi terbaru lainnya dari kami.
Berdasarkan informasi dari pesan di status Wharsapp itu, sudah jelas sekali bahwa, itu adalah pesan yang secara umum disebar oleh Whatsapp itu sendiri, dan yang perlu kita perhatikan lagi. Dalam pesan status itu whatsapp membagikan teks link yang bertuliskan WhatsApp.com/privacy 

Setelah saya cek link tersebut memang berkaitan dengan informasi-informasi yang disampaikan langsung di status whatsappnya. kalian bisa cek juga ya link tersebut tentang kebijakan-kebijakan pengguna aplikasi tersohor itu.

Dalam kasus ini, sebenarnya banyak masyarakat awam yang belum memahami konsep kinerja sebuah aplikasi, apalagi aplikasi yang sangat populer, terlebih memang Whatsapp, jarang dan mungkin belum pernah membagikan informasi-informasi kepada penggunanya secara langsung di aplikasinya sendiri.

Maka sangat wajar juga apabila banyak orang yang salah paham, dan banyak para oknum untuk membuat hoax, Setahu saya, masyarakat Indonesia ini, paling mudah tersulut oleh hoax. Jangankan orang lain, keluarga saya pun seperti itu. Hahaha. (*) 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Hoax di Status Whatsapp: Data Pribadi dan Akun Bank Akan Dihack?"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel