Wow Gmail Luncurkan Fitur Baru di Ulang Tahunnya yang Ke 15

Produk google dalam layanan e-mail "Gmail", ternyata diluncurkan pada tanggak 1 April 2004. Usianya pun kini sudah mencapai 15 tahun. Untuk menandai kiprah Gmail yang menginjak 15 tahun, Google pun memberi hadiah kepada penggunanya berupa fitur baru terkait penulisan pesan dan pengiriman e-mail. 
Pengguna Gmail kini bisa menjadwalkan kapan e-mail akan dikirim ke penerima. Dengan cara mengetuk ikon "tiga titik" di samping kanan ikon "send" dalam jendela penulisan e-mail, lalu memilih opsi "Schedule send" dari menu yang terbuka. Setelah itu, akan muncul beberapa preset waktu pengiriman e-mail yang disarankan Google, misalnya "besok pagi" atau "besok siang". Pengguna juga bisa memilih sendiri tanggal dan waktu pengiriman e-mail terjadwal. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan zona waktu wilayah pengirim dan penerima e-mail,  agar tidak terjadi kekeliruan. Informasi zona waktu sendiri akan tampil di jendela pengaturan waktu tadi. Fitur Schedule send memang bisa bermanfaat bagi para pengirim yang zona waktunya berbeda dengan penerima, sehingga email datang dalam waktu yang tepat dan tidak mengganggu sang penerima e-mail. Untuk membatalkan pengiriman, pengguna cukup tekan tombol "undo" setelah memilih jam dan tanggal pengiriman. Schedule send digulirkan secara bertahap ke seluruh pengguna Gmail.

Penulis e-mail pintar Selain fitur scheduling, seperti yang dikabarkan KompasTekno, Rabu (3/4/2019) Google juga mendatangkan fitur lain ke Gmail, yakni AI Smart Compose yang kini lebih pintar dan mendukung 4 bahasa tambahan: Spanyol, Perancis, Italia, dan Portugis. Dukungan empat bahasa ekstra bagi sang penulis e-mail pintar ini baru meluncur untuk Gmail versi Android. Gmail Versi iOS dijanjikan akan menyusul dalam waktu dekat. 

Ada pula fitur Dynamic Email untuk menjelajah informasi di dalam konten e-mail, seperti memberi komentar di dokumen Google Docs yang terlampir, memesan hotel lewat body e-mail, dan hingga mengonfirmasi RSVP, tanpa meninggalkan tab inbox dan jendela e-mail. Baca juga: Resmi Dirombak, Gmail di Android Jadi Serba Putih Gmail sendiri kini memiliki 1,5 miliar pengguna harian. Mereka biasanya memanfaatkan Gmail untuk mengirim e-mail ke kerabat hingga rekan kerja. Tampilan Gmail pun sudah banyaj berubah sejak pertama diluncurkan pada 1 April 2004. Dari rancangan lawas yang penuh dengan teks klasik, kini Gmail telah menggunakan desain material yang serba putih dan kekinian.

Demikian canggihnya fitur Gmail di usianya yang ke 15 ini. Semoga kecanggihannya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penggunannya, dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang dapat merugikan semua pihak. Selamat Ulang Tahun Gmail!

Sumber : KompasTekno
Adaptasi Tulisan : Ihsan Subhan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wow Gmail Luncurkan Fitur Baru di Ulang Tahunnya yang Ke 15"

Posting Komentar

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel