Blog yang Sudah Lama Terkubur, Akhirnya Bisa Dibuka Lagi

Ilustrasi Ngeblog (ejournalz.com)


Halo Sobat Bloger,

Sungguh bahagianya malam ini. Sungguh sangat mengejutkan bisa membuka lagi blog saya (sudutkerlip). Sudah lama juga blog saya tidak terisi dengan tulisan-tulisan sederhana tentang kehidupan, pendidikan, kebudayaan, dan sastra. 

Tentunya ada alasan kenapa saya tidak menulis, hingga dua tahun kurang, ini dikarenakan adanya masalah di domain saya yang sempat saya beli dengan nama "sudutkerlip.online" nama domain bereksistensi ".online" ini ternyata sangat berbahaya juga ya.

Pengalaman saya menggunakan ".online" ini sungguh sangat membuat diri begitu sangat menyedihkan, seolah ini adalah masalah yang sulit dipecahkan. Berbagai spekulasi buruk terhadap para cracker atau hacker dan juga para perusahaan pengembang dunia Teknologi Informatika, sangat menguras pikiran saya.

Mulai dari nama domain, yang memang dicurigai seperti nama blog yang terkesan dunia malam, apalagi ditambah dengan eksistensi ".online". Kebanyakan yang saya perhatikan, eksistensi domain ".online" ini memang sering digunakan oleh para bloger atau pengembangan website untuk menampilkan konten-konten negatif, dan diaksesnya pun harus menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang fungsinya sudah tentu, dalam dunia jaringan.

Sedikit Tentang VPN 

Ada faktor lain dalam VPN yang membuat tools ini digunakan, yaitu faktor keamanan menjadi risiko tersendiri. Seperti dilansir idcloudhost.com. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.

Terlepas dari kekurangannya, ada banyak solusi  yang ditawarkan oleh VPN adalah memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video dan layanan lain yang berhubungan dengan jaringan. Berbagai fitur yang sudah ditawarkan melalui layanan internet dapat ditawarkan melalui Privat Virtual Network dengan efektifitas biaya. Kelebihan tersendiri dari VPN karena dapat bekerja pada jaringan pribadi dan publik, intinya VPN adalah jaringan privat flexibel. Makanya dengan menggunakan tools VPN kita bisa melihat hal hal lain. hahaha. 

Namun, sekarang banyak disalahgunakan juga oleh sebagian orang untuk membuka situs-situs luar negeri yang diproteksi oleh Indonesia. Dikarenakan banyaknya situs-situs luar negeri yang menampilkan laman tidak senonoh.

Mungkin itu salah satu alasan yang begitu yakin sekali, bahwa blog saya sempat diblokir juga. Bahkan diblokirnya oleh perusahaan ternama di dunia yang intens menangani persoalan jaringan.Terlebih dulu pada tahun 2010, blog saya sempat dipantau juga oleh Kominfo (Kementrian Kominkasi dan Informasi RI) dan Mabes Polri terkait kasus penyebaran video syur yang melibatkan artis ternama di Tanah Air; Ariel Noah, Luna Maya, dan Cut Tari.

Waktu itu blog saya sempat menampilkan artikel terkait kasus artis papan atas tersebut, dan sebagai referensinya saya membuat link unduhan video tersebut di akhir artikel.

Jujur, waktu itu saya sungguh kaget dengan banyaknya para wartawan media mainstreams menghubungi saya melalui sambungan telepon, gegara artikel tersebut. Namun pihak wartawan hanya ingin mengkonfirmasi atas penelusuran penyebaran video tersebut. Bagi yang penasaran, ini link pemberitaannya (Tempo)

Wajar jika mereka menanyakan itu kepada saya, sebagai pemilik blog. Karena memang artikel saya dibaca oleh puluhan ribu orang, begitu pun hasil unduhannya, tertera trafik dengan angka yang bukan main banyaknya.

Namun setelah saya ditelpon oleh banyak wartawan dan aparat, link video bersamaan dengan artikelnya saya hapus. tanpa memperdulikan lagi trafik yang sangat lumaya bisa membuat saya kaya pada waktu itu.

Kini yang tepenting blog saya sudah sembuh lagi, jadi sobat blogger bisa kembali untuk membaca hal-hal lain yang sekiranya bisa dinikmati dari artikel-artikel saya yang biasa-biasa aja sih sebenarnya. wkwkwk.

Satu hal, kenapa saya sangat gembira pada malam hari ini (24/1/2021). Ialah karena saya bisa menulis kembali di blog saya ini. Wajar sih, bukannya sombong, tapi ini karena blog ini sudah tua banget. Blog ini dibuat dari tahun 2008. Jadi sudah 11 tahunan gitu gaess (Bayangkan! 11 TAHUN GAESS!).

Ok. Demikian artikel yang mungkin kurang penting bagi sobat blogger semua. Maaf jika ada kata yang gak berkenan. Semoga kita semua selalu dan selalu diberi kemudahan dalam setiap menjalankan aktivitas positif yang kita lakukan sehari-hari. Amin. (**)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "Blog yang Sudah Lama Terkubur, Akhirnya Bisa Dibuka Lagi"

  1. Keren berarti sekarang udah 13 tahun ya mas, tapi emang kok klo ekstensi macem2 aku g terlalu suka, meski skrg banyak kayak .accounting tp ah sudahlah tipe2 domain penghisap darah yang biaya renewalnya berkali-kali lipat tld populer

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kira kira klo sekarang sudah 13 tahunanan. Betul sekali mas, ekstensi yang macem2 itu, ternyata sensitif. Makaya kenapa .com sangat direkomendasikan oleh semua penyedia hosting. Karena memang sudah teruji kemampuan dan kredibilitasnya. hehe.

      Delete
  2. Waahh ngeri-ngeri sedap yaa, memang pemilihan nama domain dan extension nya pun gak boleh sembarangan. Untung sejak awal aku pakai nama pribadi dan pilih domain.com eh tapi kalau nggak gitu ga tau dong yaa punya pengalaman seperti ini.

    Syukur deh artikelnya bisa kembali, jadi bisa kembali melanjutkan tulisan (positif) lagiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. jadi kenapa bisa pulih, akses login ke bloggernya tiba tiba bisa dikases kembali setelah beberapa bulan tidak bayar tagihan sewa domain ekstensi [dot]online. memang sengaja juga sih gak dilanjutin pake eksentsi itu. karena bahayanya sudah terasa, meskipun SSLnya sudah saya aktofkan

      Delete
  3. Wahhh ternyata sudah lama bnget yaa memulai ngeblog, saya aktif baru di tahun 2015an awal, dan berfokus ke topik blogger aja hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Saya kurang begitu fokus dengan topik blogger. Karena saya menulis karya sastra dan opini saja. Urusan ilmu koding dan building website ngulik sendiri aja setelah tahun 2007 ada pelatihan bikin website dari telkom. Jadi sejarahnya panjang banget pokoknya. Hehe

      Delete
  4. Syukurlah bisa dibuka lagi
    Semoga makin banyak yang menginspirasi orang orang yang membuka halaman demi halamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Terima kasih mbak. Semoga ya. Tulisan saya bermanfaat... Aamiin.

      Delete
  5. wah, dedengkotnya blog dong, bisa dibilang zombienya mulai hidup kembali dan menurut saya bisa saja kekuatanya SERPnya ada pada domain yang udah tua, semngat trus ngeblonya kak,

    ReplyDelete
  6. tapi gak tau kenapa saya malahan seneng liat blogger/pemilik web yg make ekstensi domain beda dari yg lain.. malahan pernah nemuin yang make (dot)cn, (dot)care, (dot)sbs.. walaupun asing tapi entah kenapa saya ngerasa vibes nya dapet kwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisa. Mungkin karena beda ja yak. Dan vibesnya memyeramkan juga yak. Hahahaha...

      Delete
  7. Pengalaman yang luar biasa sekaligus mengerikan ya sampai ditanyain macem2 oleh wartawan gitu. Semoga habis ini bisa kembali berkarya melalui tulisan dengan hati yang lebih aman ya.

    ReplyDelete

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel