Cara Terbaik Menghilangkan Noda Masa Lalu

Bagi kebanyakan perempuan dan laki-laki di dunia ini yang pernah mengalami pengalaman atau kenangan pahit, biasanya pernah teringat kembali atas kekelaman di masa lalu itu. Banyak kisah yang pernah kita selami dari persoalan-persoalan kecil hingga tingkatan kesulitan masalahnya begitu besa. Hal ini sudah lumrah dirasakan oleh manusia yang memiliki sifat "khilaf".

Permasalahan muncul, bisa dari teman dekat, keluarga, pacar, atau suami/istri kita yang secara sengaja atau tidak sengaja urusannya merembet pada kita. Tetapi masalah bisa juga muncul dari kita sendiri. Ya, jika bicara soal masalah, pasti tidak akan selesai-selsai dibahasnya, sebab satu demi satu, hari demi hari, seiring waktu berjalan, masalah akan selalu menimpa kita. 

Terlepas dari itu semua. yang akan dibahas dari tulisan ini, ialah bagaimana caranya masa lalu atau waktu yang pernah terjadi dan di waktu itu pula, kita merasakan kepedihan, kesengsaraan, kegamangan, kegalauan, bahkan rasa pahit, nyeri dalam hati kita. Ya. tentu saja, rasa itu ingin hilang kan? dari hati kita selama-lamanya. Tetapi beda lagi pada hari ini dan yang akan datang, sebagian banyak orang, pasti pernah terbersit dalam benaknya. kegelapan hidup yang pernah terjadi itu, teringat kembali. 

Menurut pengalaman penulis, sebenarnya kita mampu untuk menghilangkan kehidupan kelam kita itu, dengan semampu mungkin melakukan 5 hal di bawah ini;
  1. Mendekatkan diri kepada Allah
  2. Fokus terhadap pekerjaan
  3. Fokus terhadap hoby
  4. Berpindah tempat tinggal
  5. Mengganti sesuatu/seseorang
1. Mendekatkan diri Kepada Tuhan
Jelas sekali, segala masalah dan solusi datangnya dari Allah. Maka, manusiawi sekali, ketika manusia memiliki masalah, manusia akan mencariNya lagi, untuk mendekatkan diri. Agar hatinya tenang. Banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Salah satunya dengan ibadah yang rajin. Baik itu ibadah ritual maupun sosial. 

2. Fokus Terhadap Pekerjaan
Pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga atau diri sendiri, ialah suatu kewajiban bagi siapapun. Sebab dalam pekerjaan kita, mengandung rupiah yang sangat berharga. Terlepas yang jumlah rupiah yang dihasilkannya besar atau kecil, yang pasti dengan fokus dalam bekerja. Maka pikiran kita akan teralhikan, sehingga masa lalu yang kelam itu, lambat laun akan terlupakan.

3. Fokus Terhadap Hoby
Setiap orang pasti memiliki kegiatan unik, kreatif, dan membanggakan. Kesukaan atau hoby tersebut, jangan dihilangkan. Banyak sekali jenis hobi di dunia ini. Misal, yang gemar menulis, maka menulislah, selama menulis itu membuat kita bahagia dan nyaman, Atau ada juga yang hobinya olahraga, maka berolahraga lah sesuai dengan jenis olahraga yang kita bisa dan kita sukai. Contoh, bermain sepak bola, renang, bulu tangkis, pingpong, dan masih banyak lagi hobi, yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kejenuhan dan masa lalu yang kelam itu. 

4. Berpindah Tempat Tinggal 
Nah. Ini yang sempat penulis alami juga, yang bisa membuat kita terlepas dari masa lalu yang menyedihkan itu. Jika kondisi dan situasi pada waktu itu, kejadiannya ada di kota "A" maka, kita harus pindah tempat tinggal ke kota "B". Bila permasalahan itu ada di tempat kerjamu waktu dulu, maka kamu harus pindah ke tempat kerja yang baru. Begitu pun tempat tinggal. Intinya. dengan berada di tempat yang berbeda, maka segala hal yang pernah kita alami, yang kita rasakan begitu jlimet itu. Insya Allah akan sirna, dan justru kita akan menemukan hal-hal baru, di tempat yang baru. 

5. Mengganti Sesuatu/Seseorang
Hampir sama dengan poin keempat. Cara kelima ini, lebih kepada cara kita mengganti secara ekstrim (mungkin). Bisa saja. masalah yang dulu pernah terjadi kita itu masih bersamanya, misal dengan teman atau pacar, dan bisa juga istri/suami. Sudahlah, kita harus ingat, di luar sana, jika kita selami, masih banyak orang-orang yang perduli dan sayang dengan kita. Temanmu/Pacarmu/Sahabatmu/Istrimu/Suamimu, bila mereka sudah tidak cocok lagi dengan kita, dan sulit untuk mempertahankannya, jangan dipaksakan. kecuali, ketabahan kamu, setingkat dengan Dewa. hehe. Gantilah mereka dengan yang baru. Dengan orang-orang yang sudah jelas tulus dan berpotensi bisa membahagiakanmu. Tetapi, jika cara ini sulit buat kita. saran saya, kembali  ke poin pertama, itu lebih teduh. 

Itulah cara-cara, atau sedikit ulasan tentang cara menghapus bayang-bayang kita di masa lalu yang suram itu. Jadikan pelajaran yang berharga dari setiap kejadian yang sempat terjadi. baik itu pahit ataupun manis. Orang bijak harus bisa mengambil segala kejadian dengan hikmah yang berlimpah. Orang baik, harus bisa mengambil tindakan dengan kebaikan. Bukan memperlebar masalah, 

Cukup sekian dari penulis. Terima kasih banyak sudah membaca tips dari saya. Semoga bermanfaat. (Ihsan Subhan, 2019) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Terbaik Menghilangkan Noda Masa Lalu"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel