Luasnya Surga Wisata Kebun Raya Cibodas (KRC) Cianjur

Kabupaten Ciajur masih dianggap merupakan kota kecil, tetapi perlu dietahui, kota yang berhimpitan dengan kota Sukabumi, Bandung, Bogor, dan Garut ini, adalah kabupaten yang memiliki luas 3.840 km² dengan jumlah penduduk berdasarkan data BPS Kabupaten Cianjur di tahun 2014 mencapai 2,335 juta jiwa.

Wilayah tersebut memiliki 32 Kecamatan, daerah pemilihan dalam keikutsertaan Pemilihan Umum atau pesta demokrasi di Cianjur, di bagi menjadi lima Dapil; yaitu Dapil satu (Cianjur, Warungkondang, Cilaku, Gekbrong), Dapil dua (Cugenang, Sukaresmi, Pacet, Cipanas, Cikalongkulon), Dapil tiga (Karangtengah, Sukaluyu, Mande, Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi), Dapil empat (Cibeber, Campaka, Campaka Mulya, Sukanagara, Pasirkuda, Pagelaran, Takokak), Dapil lima (Tanggeung, Cikadu, Cibinong, Sindangbarang, Leles, Agrabinta, Kadupandak, Cidaun, Cijati, Naringgul).

Dari tiga puluh dua Kecamatan yang ada di Cianjur, tempat wisata yang terpopuler sejak dulu berada di kecamatan Cipanas, tepatnya di Desa Cimacan, kampung Rarahan. Objek wisata tersebut dinamai "Kebun Raya Cibodas".

Banyak turis domestik dan mancanegara berdatangan ke Cibodas, hanya untuk berlibur dan melepas lelah di sana, Tak dipungkiri, berdasarkan data dai Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, Kebun Raya Cibodas ini, setiap minggunya memiliki total pengunjung wisata di Cianjur terbanyak. yaitu mencapai 1200 orang/minggu. 

Pertanyannya, kenapa bisa betah dan menyedot sampai ribuan pengunjung untuk pergi ke sana? Mari kita simak, keindahan-keindahan yang ada di Kebun Raya Cibodas, beserta dengan foto-foto menarik lainnya.

1. Objek Wisata tertua di Cianjur
2. Murah meriah, harga tiket hanya Rp. 16.500,-/orang
3. Taman dan tempat parkir yang luas
4. Memiliki air tejun yang indah
5. Akses jalan yang mudah dijangkau
6. Fasilitas publik yang memadai
7. Taman berumput yang sangat luas
8. Terdapat danau mini
9. Banyak pohon cemara yang teduh
10. Dapat digunakan sebagai sarana kegiatan keluarga, organisasi, dan perusahaan.
11. Dekat dengan villa-villa mewah
12. Banyak varian pohon langka dan tua
13. Rumah kaca yang di dalamnya banyak bunga-bunga dan tanaman langka

Kebun raya ini berada di kaki Gunung Gede pangrango dengan ketinggian kurang lebih 1.275 mdpl. Dengan suhu kurang lebih 17 – 27 derajat celcius. Menurut catatan sejarah, kawasan ini didirikan oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang berasal dari Belanda.

Danau Mini Kebun Raya Cibodas - via beringitour.com

Di taman Cibodas, terdapat pohon tertua dengan usia hampir 150 tahun, atau sudah berada di kebun ini sejak tahun 1866. Tidak hanya pohon tua, tanaman dari Indonesia, Jepang, China pun banyak ditanam di Taman Rhododendron KRC.

Pohon Sakura Kebun Raya Cibodas - via kopisenja
Ada juga bunga bangkai raksasa yang dilindungi. Bunga bangkai di sana, berbunga empat tahun sekali. Terakhir berbunga pada tahun 2000. Tapi, harus diingat bunga ini mempunyai bau yang sangat menyengat. Pada tahun 2018 ini, tumbuh dengan tinggi lebih dari 3 meter.
Bunga Bangkai/Bunga Raksasa - via instagram
Ada pula 34 tumbuhan paku yang bisa kita lihat secara langsung dan banyak. Orang-orang sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan, bahan makanan, dan juga bahan media tanam. 
Tumbuhan ragam kaktus, Rumah Kaca, Kebun Raya Cibodas - republika.com
Selain tanaman, kolam besar yang didirikan pada tahun 1901 pun menjadi view yang menarik saat kita berkunjung ke sana, lengkap dengan berbagai macam tumbuhan air, yang menambah alaminya KRC. Seolah kita tengah berada di surganya alam paling menyejukan nan indah.
Ait Terjun Kebun Raya Cibodas - via konsitaksi
Dan masih banyak lagi keindahan di Kebun Raya Cibodas ini. Silahkan kunjungi dan nikmati sensasi alam indah di surga kabupaten Cianjur ini. (Ihsan Subhan)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Luasnya Surga Wisata Kebun Raya Cibodas (KRC) Cianjur"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel