Yuk Ikut Lomba Video Baca Puisi, Tribute Karya-karya Penyair Iyut Fitra (DL 25 Agustus 2021)

lomba vido baca puisi


Sedikit bicara soal penyair Iyut Fitra

Dahulu Kala, pada tahun 2016, saya berkesempatan diundang oleh panitia penyelenggara Pertemuan Penyair Nusantara melalui Giat November Kopi Gayo, nah dalam rangkaian acara tersebut ada penerbitan buku antologi puisi bertemakan "kopi". Ya saya bisa sampai ke Takengon Aceh Tengah, gegara lolos dalam kurasi penerbitan buku puisi tersebut.

Akhirnya bertemulah dengan Kuyut (sebutan akrab penyair Iyut Fitra), selama saya berkecimpung di dunia puisi, selama itu juga mengenal penyair kelahiran Payakumbuh Sumatra Barat ini, hanya dari karyanya saja, sebab puisi-puisi beliau sering nongol di media cetak.

Namun pada acara pertemuan penyair di Takengon enam tahun lalu itu, kali pertama saya bertemu dengan beliau. Saya sangat segan dan hormat sekali terhadap beliau. Karena puisi-puisi beliau memang bagus-bagus, dan sarat dengan Culture ke-Sumatra Barat-an-nya yang seringkali menjadi inspirasi saya juga untuk menulis puisi dari hal-hal kecil namun luar biasa yang ada di sekitar kebudayaan saya.

Secara kepribadiannya saya memandang Kuyut sangat prinsipil dan begitu sangat-sangat ramah sekali. Sebelum saya sampai di Takengon, saya sempat berbalas pesan di chat Facebook, sebagai notif bahwa saya sedang di perjalanan, sekalian memesan buku beliau, untuk disisakan karena saya ingin membeli langsung dari Kuyut.

Keramahan beliau dalam pesan di medsos membuat saya semakin cepat ingin bertemu, Lalu apa yang terjadi setelah saya dan Kuyut bertemu? Hampir bengong juga saya. Jadi beliau langsung cepat tanggap bahwa saya adalah penyair dari Cianjur Jawa Barat, dan meminta saya untuk satu kamar dengan beliau biar lebih dekat dan bisa diskusi, tentunya soal puisi. Namun tidak hanya saya, ada juga adek mahasiswa yang baru belajar menulis puisi dari Pematangsiantar yang sama-sama satu kamar dengan Kuyut.

Penyair sekelas Kuyut memang kamarnya berbeda dengan peserta lainnya, kami di kamar delux, dan Kuyut di kamar VIP, otomatis ajakan Kuyut saya terima dong. hehehe. 

Ok. Itu saja sih sedikit tentang Kuyut atau Iyut Fitra. Sila sekarang ke Info Sastra 

Lomba Video Baca Puisi (Karya-karya Penyair Iyut Fitra)

Pemirsa sudutkerlip, rasanya pandemi Covid-19 sudah jadi musim yang sangat panjang, musim yang sudah lelah berkibar di mana-mana. Musim yang terkadang membuat kita sebagai makhluk hidup jadi merasa tidak nyaman bertindak. Apalah daya, kita semua sulit untuk menerka, kapan pandemi ini akan berkahir?

Tetapi meski dalam situasi pandemi, tidak ada salahnya juga untuk berkreatifitas sesuai dengan minatnya masing-masing, hobi yang positif dan membuat diri kita nyaman dan lega.

Nah ini, sekarang ada lomba Video Baca Puisi. Komunitas Seni Intro, yang juga komunitas asuhan penyair Iyut Fitra, bahkan jika tidak salah, beliau adalah foundernya. Silahkan bagi pemirsa sudutkerlip yang ingin mengikuti perlombaan bergengsi ini, untuk dapat memperhatikan syarat dan ketentuan berikut ini;

Komunitas Seni Intro Payakumbuh menyelenggarakan LOMBA VIDEO BACA PUISI (Karya-karya Iyut Fitra). Terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Ketentuan Lomba:
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
2. Setiap peserta hanya mengirimkan 1 (satu) video baca puisi
3. Peserta membacakan 1 (satu) puisi karya Iyut Fitra
4. Peserta merekam pembacaan puisi dalam bentuk video
5. Video bebas berkreasi sebatas tidak melanggar hak cipta
6. Batas pengiriman video 25 Agustus pada pukul 22.00 Wib
7. Peserta mengirimkan data diri (Nama lengkap, Alamat, Telp/WA)
8. Video dan data diri dikirim ke panitia melalui email (Google Drive): videolombapuisi_iyutfitra@gmail.com dengan subyek NAMA PESERTA ,<spasi> JUDUL PUISI
9. Video akan diunggah di channel youtube Iyut Fitra mulai tanggal 30 Agustus 2021 untuk mendapatkan view dan like dari penonton (selama 3 hari), terbanyak akan mendapat juara favorit. Sedangkan juara 1, 2, 3 ditentukan oleh dewan juri
10. Pengumuman pemenang dan juara favorit akan diinfokan melalui channel youtube Iyut Fitra pada tanggal 6 September 2021

Hadiah
Juara 1 Uang Tunai 750.000
Juara 2 Uang Tunai 500.000
Juara 3 Uang Tunai 250.000
Favorit 1 Uang Tunai 150.000
Favorit 2 Uang Tunai 100.000

Narahubung:
DALLU AWARTHA
0822 8717 5547

Disclaimer:
Informasi perlombaan Video Baca Puisi tersebut, merupakan informasi yang dikirim langsung dari penyair Iyut Fitra ke Whatsapp saya, dan juga saya temui infonya di WAG Sastra lainnya, dan berkaitan prolog tentang Iyut Fitra, nampaknya akan dilanjutkan khusus ke sesi tulisan pengalaman saya saja. Nantikan saja kelanjutan cerita saya bersama Iyut Fitra.

poster lomba vido baca puisi 2021
Poster lomba Video Baca Puisi 2021


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk Ikut Lomba Video Baca Puisi, Tribute Karya-karya Penyair Iyut Fitra (DL 25 Agustus 2021)"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel