Surga Alam Tersembunyi: Air Terjun Ciheulang Cianjur Jawa Barat

Ihsan Subhan


Bagi saya, berlibur tidak harus di akhir pekan, atau pada tanggal-tanggal merah lainnya. Jelas saja, seorang penulis lepas dan designer seperti saya bisa meluangkan hari-hari liburnya kapan saja, ke mana saja. Persoalan pekerjaan yang deadlinenya kena di tanggal merah atau di akhir pekan, ya, itu sudah biasa.

Kali ini saya akan membuat takjub orang-orang di seluruh dunia. Bahwa di Cianjur ada tempat piknik asyik untuk berlibur dengan keluarga, saudara, dan teman. Jika dilihat pada peta Cianjur, air terjun tersebut masih berada pada kawasan konservasi gunung Gede-Pangrango.

Warga setempat menamai tempat itu "Curug Ciheulang". Ya. penamaan itu memang berasal dari bahasa Sunda yang berarti "Air Terjun Ciheulang". Ciheulang artinya 'air burung elang'. Namun untuk penamaan secara global disebut "Air Terjun Ciheulang", penamaan tersebut pun sudah diresmikan pemerintah melalui Dinas terkait.

Perjalanan Melelahkan Sekaligus Menyenangkan
Ihsan Subhan



Untuk mencapai tempat tujuan, kita membutuhkan persiapan yang sebenarnya bisa dibilang sepele, tapi bagi saya sungguh berarti. Yaitu tongkat, sebagai penopang untuk berjalan dan mendaki, air minum secukupnya, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.

Saya sendiri dan teman-teman pergi ke Air Terjun Ciheulang memang sudah direncakan sebelumnya. Salah satu tujuan pergi ke sana adalah untuk memasak nasi liwet. Kebetulan sekali, di air terjun Ciheulang, hanya rombongan saya saja yang pergi ke sana. Sehingga kawasan air terjun kami kuasai semua. Hahaha.

Ihsan Subhan


Kami memasang ayunan Hammock di antara dua pohon yang kokoh. Jika dari depan, posisinya akan mengarah ke sungai dan pohonan besar. Di belakangnya ada tanaman pakis hijau yang setia memancarkan kesegaran dan keindah. Terlebih tapat menyerong ke kanan, air terjun tampak terlihat megah, meski air yang berjatuhannya kala itu masih sedikit.

Selain itu untuk hiburannya, kami memainkan gitar dan bernyanyi bersama. Meski dalam bernyanyi teman-teman yang lain sambil membuat masakan liwet dan menu pendampingnya menggunakan alat masak berkemah.
Ihsan Subhan


Lokasi Air Terjun Ciheulang:

Untuk lokasi tempat wisata alam air terjun Ciheulang ini berada di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet. Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari jalan raya Pacet-Cipanas atau jalan nasional, patokannya adalah Gapura menuju vila Maleber atau perkebunan teh Maleber. Setelah menemukan Pabrik tehnya, kita tinggal lurus naik ke atas atau bisa juga memakai kendaraan terlebih dahulu. 

Setelah mentok di pesimpangan perkebbunan teh. Nanti akan ada jalan setapak atau jalan yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Namun setelah kita sampai ke bukit perkebunan sayuran, ada jalan ke bawah dan kita turun dari tebing tersebut hanya bisa berjalan kaki saja, kendaraan roda tidak bisa masuk, karena jalan masih alami hanya beralaskan tanah dan bebatuan. 

Ihsan Subhan
Air pancuran tujuh rasa (lok: Air Terjun Ciheulang)



Dokumentasi tulisan perjalanan berlibur saya ke Air Terjun Ciheulang ini dengan sengaja disimpan di blog pribadi saya. Ceritanya akan berlanjut di part ke dua, dengan tema yang sama, namun saya akan menceritakan pada saat pulang dari Air Terjun Ciheulang. Terima kasih. (Ihsan Subhan)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Surga Alam Tersembunyi: Air Terjun Ciheulang Cianjur Jawa Barat"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel