Jika Kamu Lolos di Gelombang 12 Program Kartu Prakerja



sudutkerlip - Jika kamu lolos di Gelombang 12 Program Kartu Prakerja, maka di menu dashboard akun prakerja kamu akan ada menu-menu yang di dalamnya akan berbeda dengan yang tidak lolos.

Menu yang bertuliskan 'dashboard' itu adalah menu yang akan menampilkan beberapa sub menu lainnya. Di sana akan ada sub menu atau tab; Nomor Kartu Prakerja, Saldo Pelatihan, Sertifikat, dan Rekening. Berikut ini saya deskripsikan satu-persatu.

Tangkapan Layar Dashboard Menu Akun Kartu Prakerja (sudutkerlip)



Nomor Kartu Prakerja 
merupakan nomor unik pemegang kartu yang dikeluarkan secara legal oleh pemerintah. Ini semacam nomor pendaftaran kamu, bahwa kamu sudah berhasil lolos sebagai calon penerima insentif kartu prakerja dan pelatihan. Nomor ini nantinya akan berfungsi juga ketika kamu daftar dan membeli voucer pelatihan serta masuk atau login ke website pelatihan yang sudah kamu pilih.

Saldo Pelatihan
Menu 'Saldo Pelatihan' nantinya akan terisi dengan nilai Rp. 1 juta. Saldo ini berfungsi sebagai dompet digital yang berisi uang elektronik dengan nilai Rp. 1.000.000,-. Saldo tersebut nanti kamu harus memakainya untuk membeli voucer pelatihan. 

Sekedar info dan tips juga buat kamu yang akan membeli pelatihan. Carilah pelatihan yang murah dan tidak memakan waktu lama untuk mengikuti sesi pelatihannya. Hal ini disarankan dari saya, dari hasil pengalaman saya pribadi. Sangat disayangkan jika saldo kamu masih ada. Sedangkan saldo itu bisa kita manfaatkan untuk belajar. Jadi lebih baik saldo itu dihabiskan dengan membeli pelatihan-pelatihan yang sebelumnya kamu ingin mempelajarinya.

Jika saldo masih tersisa, maka saldo itu akan hilang, jika kamu sudah selesai menerima insentif. Nah, alangkah lebih baiknya, setelah kamu selesai membeli pelatihan dan setelah selesai juga mengikuti sesi pelatihan, kamu beli lagi pelatihan yang lain.

Selain itu, manfaat lain dari hasil pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat ko. Hemat saya, beli pelatihan-pelatihan yang murah dan sedikit jam belajarnya. Kalau saja kamu mengkuti empat pelatihan, maka kamu pun akan mendapatkan empat sertifikat. Wah, keren kan.

Serifikat  
Sub menu ini akan terisi dan bisa dibuka, jika kamu sudah selesai mengikuti pelatihan dan tes, serta mengnisi ulasan. Pihak mitra lembaga pelatihan nanti akan menerbitkan sertifikat dan diserahkan ke pemerintah, setelah itu nanti akan muncul di menu Sertifikat. Kemunculan sertifikat itu juga, sebagai pertanda, bahwa kamu secepatnya akan mendapatkan insentif.

Rekening
di Menu 'Rekening' ini, kamu akan melihat progres pencairan insentif secara berkala, Menu ini sangat penting juga, karena selain ada pesan notifikasi, menu ini pun akan menampilkan nomor bukti insentif kamu.

Wah ternyata seru juga ya menggeluti Program Kartu Prakerja ini. Nanti pun kamu akan mengerti dengan sendirinya. Karena bahasanya gak rumit, ini sangat memudahkan kamu untuk memahaminya ko. Percaya deh. Kamu pasti paham. Ya. Pahami hatiku juga ya. biar gak gelisah... hehe.

Oh iya, menu lainnya di beranda akun prakerja kamu adalah Insentif dan Profile. Kalau menu Insentif itu kesamaa dengan sub menu "Rekening". Jadi gak ada bedanya. yang beda cuma nama menunya saja. hehe.

Nah terakhir ada menu "Profil", Itu tiada lain adalah data identitas kamu. Itu saja, gak lebih. Tetapi datanya cuma ada Nama, Alamat email, NIK, No. KK, Alamat, Domisili, dan jenis kelamin. Selebihnya di menu 'Profil' juga kamu bisa mengubah pasword kamu di submenu 'Akun'. Tambahan sub menu lainnya, di menu Profil tersebu, nanti akan ada sub menu 'Sertifikat'. Sudah jelas sekali itu adalah tab untuk memperlihatkan data sertifikat pelatihan yang sudah kamu ikuti nantinya.

Satu lagi, di bagian bawah dashboard akun prakerja kamu, akan melihat tab logo-logo dan nama-nama Mitra Lembaga Pendidikan Kartu Prakerja. Di sana pun kamu bisa melihat lembaga-lembaga pelatihan dan menu-menu pilihan pelatihan. Tinggal klik, semuanya menjadi terlihat indah dan sempurna. Silahkan untuk menyantap menu pilihan untuk pelatihannya. Semoga berhasil, dan segera dapat intensif yang ditransfer ke rekening atau dompet digital yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. (Ihsan Subhan)


*Yang mau CoVas, jangan lupa cantumkan sumber dan nama penulisnya. Budayakan untuk menghargai tulisan orang lain. Terima Kasih. 
   
  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jika Kamu Lolos di Gelombang 12 Program Kartu Prakerja"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel