Daftar Kartu Prakerja Gagal Terus? Ikuti Cara Ini Biar Lolos



sudutkerlip -- Kartu Prakerja merupakan Program Bantuan dari Pemerintah pusat melalui Kementrian Ketangakerjaan RI. Prakerja mulai dibuka pada tahun 2020 lalu, tepatnya di bulan Maret, setelah ramai tentang adanya virus yang mematikan Covid-19.

Di tahun 2020 lalu, Program Kartu Prakerja setidaknya telah berhasil tersalurkan dengan besaran bantuan 3,5 juta-an. dengan rincian sebagai berikut:

1. Rp. 1.000.000 (untuk membeli voucer pelatihan)
2. Rp. 600.000 x 4 = Rp. 2.400.000 (bantuan uang untuk empat bulan)
3. Rp. 150.000 (setelah mengisi kuisioner)

Jadi total bantuan Program Kartu Prakerja adalah Rp. 3,550.000,-

Waw, lumayan besar juga kan.

Saya yakin di antara pembaca blog ini, pasti ada yang sempat mendaftarkan diri secara online, dan berharap agar segera lolos, juga yang terpenting bantuannya bisa didapat serta bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Harapan-harapan seperti itulah, yang sempat saya alami di tahun 2020 kemarin. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Salah satu penyebab saya bisa lolos adalah, karena saya cerdas, hehe. Dari mulai mengikuti tes pertama, sampai mengikuti tes dari pelatihan yang saya ikuti, Saya lolos terus, dengan nilai yang sangat memuaskan. Karena apa? Karena yang saya targetkan sesuai dengan kemampuan dan perencanaan yang sangat matang sekali.

Kini Gelombang 12 Program Kartu Prakerja sudah dibuka sejak hari Selasa kemarin (23/2/2021), Pembukaan Pendaftaran akan ditutuo sampai tanggal 26 Februari 2021. Nah, mumpung masih ada waktu, sebaiknya kamu persiapkan diri untuk mendaftar. Atau jika pada tahun lalu sempat gagal, maka kamu tinggal mengisi update data kamu, pada saat kamu login di https://dashboard.prakerja.go.id/masuk.

Isi data dengan benar, pilih minat pelatihan, dan upload kembali file KTPnya. Selesai. Setelah itu di dashbord utama akan ada tab gelombang 12 dan ada tab bertulisan "Gabung", maka kamu tinggal klik saja gabung. Selesai.

Tinggal kamu menunggu konfirmasi selanjutnya melalui dashboard profil Prakerja kamu, atau bisa juga sering-sering cek email, dan SMS. Pendaftaran kamu sebenarnya sedang diverifikasi kembali oleh pihak Prakerja. Selang beberapa minggu nanti akan ada pemberitahuan kembali, kamu lolos atau gagal.  

Selain itu saya ingin berbagi kiat dan tips juga buat kamu yang tengah gundah, bagaimana agar kamu bisa lolos dari ujian yang sangat berat ini. Semacam ujian matematika yang jika langkah awalnya salah, maka hasilnya pun akan gagal atau salah.

Mau tahu kiat-kiatnya? Amat sangat mudah ko, saya yakin kamu pasti bisa melewatinya. Tips dari saya, agar kamu bisa lolos di Program Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

1. Sebelum Daftar, persiapkan Foto KTP asli, Nomor HP yang aktif, dan alamat email yang benar.
2. Daftar dan Isi Data kamu sesuai kenyataannya (jangan dilebih-lebihkan)
3. Isi Minat/Kategori Pelatihan yang Kamu Kuasai; 

Nah poin ketiga sangat penting, Jangan terlalu menganggap sepele. Jika kamu ingin lolos dengan hasil yang sangat baik dan tidak akan jenuh ketika nanti kamu ikuti pelatiha. Tentunya, kamu harus memilih minat pelatihan yang kamu inginkah, setidaknya kategori pelatihannya, sudah kamu kuasai sebagian.

Misal, kalau kamu suka menggambar dan design, dan kemampuanmu memang di bidang itu. Maka, alangkah lebih baiknya, memilih pelatihan yang berhubungan dengan design visual, seperti "Pelatihan Design menggunakan Adobe Illustration untuk Pemula", maka kamu pilih itu, atau pelatihan yang sejenisnya.

Jika minat kamu di bidang memasak, awas jangan sampai kamu salah pelatihan dengan memilih pelatihan "Cara membuat Website", atau sebaliknya. Intinya kamu harus memilih pelatihan yang sudah kamu kuasai sebagian.

Kenapa ini penting dilakukan. Karena nanti dalam pelatihan, akan ada test yang berhubungan dengan materi pelatihan. Tidak hanya itu, bagi saya jika kita tidak memilih pelatihan sesuai minat. Maka ketika kamu mulai pelatihan. Nampaknya kamu akan mengabaikan video pelatihannya..

Sekian dulu ulasan pengalaman saya terhadap program hebat dari pemerintah pusat ini. Semoga kita semua diberikan keberhasilan dan kesuksesan yang melimpah di masa Pandemi ini,

Di artikel berikutnya, saya akan membahas program Kartu Prakerja lagi, dengan tajuk 
"Jika Kamu Lolos di Gelombang 12 Program Kartu Prakerja"

Nantikan ya... (Ihsan Subhan)

Tag: #KartuPrakerja #Prakerja #ProgramPemerintah #Covid-19 #Ketanagekerjaan 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar Kartu Prakerja Gagal Terus? Ikuti Cara Ini Biar Lolos"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel