MANFAAT BERILMU

MANFAAT MEMPEROLEH ILMU
Oleh Ihsan Subhan*)

Assalamualikum Wr. Wb.
Alhamdulillahhirobbilalamin, wassolatuwasalamuala asrofil anbiya iwal mursalin wa ala alihi wasohbihi ajamin. Amma ba’du.
Huwarohmanulkuddutsul baitsul muktadiru, robbi srohli sodri wayasirli anbi wahlul uqdatammilisaniyaf kohu kouli.. 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Illahi Robbi yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa hidup dan berkumpul di ruangan ini. Untuk bisa menimba ilmu, untuk mencari ridlo dan berkah dariNya. Amin.

Sholawat serta salam semoga Allah Curahkan kepada Nabi Akhir zaman, Rosul yang diutus untuk mengubah pembaharuan, yang asalnya dari zaman kegelapan menjadi zaman yang terang benderang, khalifah yang dipercaya untuk menyempurnakan akhlaqul karimah,. Akhlak yang mulia. Dialah pendobrak kebatilan, pembasmi kedzaliman, manusia yang gagah dan perkasa, insan yang dijanjikan Allah akan mendapatkan surga. Dan menempati kedudukan mulia disisiNya. Dialah Nabi Muhammad SAW.


Hadirin yang berbahagia… ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini.. Banyak hal yang sudah kita ketahui tentang pentingnya menimba ilmu, sebagaimana Roaullah SAW dalam sebuah hadistnya mengatakan, “tolabul ilmi faridlotun ‘ala kulli muslmin wal muslimat”, mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi insan laki-laki dan perempuan.
Setelah kita mengetahui, setelah kita pahami dari pemikiran dasar tersebut akankah kita mengabaikan kesempatan hidup kita hanya untuk berpoya-poya, untuk mencari kebahagiaan duniawi semata, Oh tidak saudara-saudara. Amat sangat disayangkan sekali jika hidup kita hanya dimanfaatkan untuk hal yang kurang bermanfaat itu.


Hidup adalah perjuangan, hidup adalah pengorbanan, hidup adalah keyakinan, hidup adalah kesadaran, keikhlasan memberi dan menerima. Dan tujuan dari kehidupan ialah untuk mencari keridloanNya dan beribadah untuk bekal kita kelak di akhirat.. betul tidak?!
Kembali ke pokok pembahasan kita. Apalah arti hidup ini jika kita tidak berilmu, bayangkan jika kita tidak tahu apa-apa di dunia ini. Kita akan hambar, kehidupan kita akan seperti kapal yang terombang-ambing di lautan. Tidak punya arah, tidak punya tujuan, lalu kita akan tersesat. Kita akan menemui kegelaan dunia yang serba hitam dan kelam. Dan bandingkan jika kita memilki ilmu. Hidup kita akan cerah, secerah matahari yagn memiliki fungsi. Fungsi menyinari kegelapan yang ada di dunia. Fungsi untuk menjalani hidup dengan jalan yang baik dan benar.
Dan saudara-saudarku sekalian yang harus kita perhatikan pula, jika kita memilki ilmu, kita akan mudah memperoleh apa yang kita inginkan, baik di dunia maupun di akhirat. Kita akan selamat dari ancaman dunia yang semakin hari semakin banyak permasalahan. Dunia merupakan tempat ujian bagi manusia yang memilki Iman, apa jadinya saudara-saudaraku sekalian jika kita tidak tahu apa-apa mengenai keimanan, mengenai tata cara beribadah, mengenai masa depan. Dan lain sebaginya.
Indahnya dunia ini ketika seseorang memilki ilmu yang bermanfaat, artinya apa yang kita perolah tentang keilmuan itu, kita dapat memanfaatkannya untuk kebaikan. Untuk beribadah dan menuju titik kebahagiaan dunia dan akhirat.
Saudara-saudaraku sekalian yang insya Allah, Allah muliakan. Ada beberapa hal agar ilmu kita bermanfaat. Yaitu:
1. Jangan takabur, keika kita memilki ilmu
2. Asah ilmu
3. Konsisten/istikomah dalam menggali ilmu
4. Aplikasikan ilmu yang kita peroleh
5. Tawadlu
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempat ini. Semoga apa yang saya berikan semoga dapat dijadikan suatu renungan dan pembelajaran bagi kita semua. Serta semoga dapat menjadi bahan motivasi khusunya bagi saya pribadi dan umumya bagi saudara-saudaraku sekalin setanah air, seperjuangan. Saya hanya manusia biasa yang memilki banyak keterbatasan dalam menyampaikan. Kurang lebinya saya mohon maaf.
Kalau ada jaram yang patah
Jangan disiman dalam peti
Kalau ada kata-kata yang salah
Mohon jangan dimasukan ke dalam hati

Wallahi muafiq Illa Aqwamith thorieq
Wassalamualaikum Wr. Wb.


*)Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Suryakancana Cianjur, Pemerhati Budaya, Bahasa dan Sastra Indonesia, penyair Cianjur angkatan syber sastra, kumpulan puisinya pernah diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) tahun 2006. Karya-karyanya yang lain berbentuk puisi, cerpen, dan essai dipublish di website-website dan blog sastra di internet, penulis kisah nyata terbaik tahun 2007 “Ketika Mataku Tak Memandang Warna-warni Lagi Tapi...” Qultum Media Jakarta. Pengelola website berbasis blog “Sudut Kerlip – Literature Light World By Ihsan Subhan, www.ihsansdawai.co.cc”. Puisi-puisinya masuk ke dalam antologi puisi Penyair Nusantara Jawa Barat. 4 besar lomba membaca puisi untuk Guru Sekolah Dasar tahun 2008. Menggiati Komunitas Rumah Tumbuh bersama Yusuf Gigan. Anggota Sanggar Sastra Remaja Indonesia (SSRI) Kab. Cianjur. Aktif di Komite Sastra Dewan Kesenian Cianjur (DKC) sebagai pengurus harian, Kepala Departemen Informasi dan Komunikasi BEM-KM Univeritas Suryakancana Cianjur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MANFAAT BERILMU"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel