Apa yang Harus Dilakukan saat Gempa

apa yang harus dilakukan saat gempa


Apa yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi Terjadi?

Apa yang harus dilakukan saat gempa? Hal ini sering ditanyakan oleh setiap orang, ada 11 hal yang harus kita lakukan saat gempa terjadi, simak penjelasannya sebagai berikut;


1.    Lindungi Kepala

2.    Matikan Listrik dan Sumber Api. 

3.    Hindari Menggunakan Lift. 

4.    Jatuhkan Diri ke Lantai. 

5.    Jauhi Jendela Kaca. 

6.    Jangan Lari Terburu-buru. 

7.    Hindari Berlindung di Ruang Kecil. 

8.    Dengarkan Setiap Informasi dan Instruksi.

9.    Dahulukan Penyandang Disabilitas dan Orang Tua

10.    Berdiri di Titik Kumpul

11.    Selalau berdoa

 

1. Lindungi Kepala

Bila terjadi gempa dan kamu sedang berada di dalam gedung, coba lindungi kepala dan badan. Kamu bisa melindungi kepala dengan buku tebal atau tas.

Hindari furniture atau perabotan yang mudah jatuh, seperti lemari, rak, dan cermin karena berpotensi untuk jatuh dan menimpa tubuh atau menghalangi jalan evakuasi.

2. Matikan Listrik dan Sumber Api

Gempa bisa menyebabkan konsleting listrik, untuk itu saat terjadi gempa cobalah matikan listrik dan sumber api yang bisa menyebabkan kebakaran. Supaya lebih cepat menyelamatkan diri, kamu bisa mencoba mematikan sekring atau sirkuit pemutus listrik satu bangunan.

3. Hindari Menggunakan Lift

Jika memungkinkan untuk evakuasi, keluarlah dari gedung dengan menggunakan tangga darurat, bukan lift. Sebab bila kamu menggunakan lift, ditakutkan kamu bisa terjebak karena terjadi korsleting listrik ataupun rem darurat yang sewaktu-waktu aktif. 

Bila kamu sedang di dalam lift dan merasakan gempa, segera tekan semua tombol. Setelah pintu terbuka, segera cari tempat untuk berlindung. Tapi, bila pintu tidak bisa terbuka, tekan tombol darurat dan hubungi petugas gedung melalui interphone yang tersedia.

4. Jatuhkan Diri ke Lantai

Bila kamu sedang di dalam gedung dan tidak bisa keluar, jangan panik. Tetap tenang, cari tempat aman, dan jatuhkan diri ke lantai kemudian mencari perlindungan dengan berada di bawah meja atau furnitur yang kokoh sampai guncangan gempa selesai.

Kamu juga bisa berlindung dekat kontruksi kuat seperti tiang-tiang besar (pondasi) atau pilar beton dan berdiri di dekat lift. Elemen struktur yang digunakan di area tersebut bisa meredam distribusi gempa dan menjadi tempat yang kuat dari bangungan.

5. Jauhi Jendela Kaca

Apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi yaitu kamu harus menjauhi semua jendela kaca atau benda-benda mudah pecah. Lindungi mata agar tidak terkena serpihan kaca yang terpecah.

6. Jangan Lari Terburu-buru

Lho, bukannya kita harus buru-buru evakuasi diri? Berdasarkan instruksi dari National Information Centre of Earthquake Engineering (NICEE), lari dalam kondisi terburu-buru membuat tidak bisa fokus apakah area yang dilalui aman atau tidak. 

Selain itu, ditakutkan kamu akan mengalami cedera karena guncangan yang terjadi kita juga harus menghindari penumpukan orang saat di tangga darurat.

7. Hindari Berlindung di Ruang Kecil

Hal apa yang harus dilakukan saat gempa bumi lainnya adalah sebisa mungkin hindari berlindung di ruang kecil seperti toilet atau gudang. Ini karena bisa memperlambat mitigasi atau evakuasi.

8. Dengarkan Setiap Informasi dan Instruksi

Saat kamu di dalam gedung, apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi adalah mendengarkan semua informasi dan instruksi yang diberikan. Dengan begini, kamu bisa tahu mitigasi apa yang perlu dilakukan dan dimana titik evakuasi.  

9.  Dahulukan Penyandang Disabilitas dan Orang Tua

Ada beberapa golongan yang harus diprioritaskan saat evakuasi gempa, yaitu penyandang disabilitas dan orang tua. Jadi, pastikan mereka mendapatkan bantuan untuk evakuasi lebih dulu. 

10. Berdiri di Titik Kumpul

Bila kamu berhasil keluar dari gedung saat gempa, hindari berdiri di dekat mobil karena ditakutkan terjadi kebakaran. Sebaiknya kamu langsung berdiri di titik kumpul. Setiap gedung memiliki titik kumpul yang menandakan area tersebut adalah area yang aman. 

 

11.  Selalu Berdoa

Itulah hal-hal apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi.

Intinya saat bencana gempa terjadi usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik.

Semoga dengan mengetahui hal-hal ini, kamu bisa menjadi floor captain, yaitu orang yang memimpin evakuasi di gedung-gedung bertingkat.

Itulah tadi 11 hal yang harus dilakukan saat gempa. Semoga bisa bermanfaat di masa yang akan datang, jika terjadi gempa. Dengan pengetahuan ini, minimal kita bisa mengantisipasi kejadian-kejadian gempa yang di manapun kita berada.  

Simak juga Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa yang Harus Dilakukan saat Gempa "

Posting Komentar

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel