Waspadai Sikap Over Protektif dari Pasanganmu!

Ilustrasi Over Protektif


Menjalani hubungan percintaan selalu saja membuat kita rumit. Iya rumit. Kita tidak bisa mengelak dengan kata "rumit". Pada kenyataannya memang sering seperti itu. Salah satu kerumitannya adalah tentang "Over Protektif". Kenapa harus ada hal semacam itu? Jawabannya sederhana saja. Itu terjadi karena kita sering merasa takut. Ya. Takut kehilangan pasangan kita.

Takut kehilangan antarpasangan, sungguh sangat wajar sekali. dan ini saya katakan kembali, bahwa cinta memang "rumit". Kalau kata sebuah lagu sih begini "Cinta itu sederhana, yang rumit itu kamu". Hahaha. Nah loh. ko beda statmentnya, dengan lagu itu.

Begini saya jawab ya. Cinta memang sederhana ko, tapi tetap saja ada rumitnya. Di lirik lagu tadi kan tetap saja si ceweknya rumit kan? Jadi jika kita tarik benang merahnya. Cinta itu bisa kita buat sederhana, bisa juga dibuat rumit, jadi sederhana dan rumit itu akan selalu hadir dalam kehidupan percintaan.

Sikap Protektif yang Berlebihan

Protektif atau sikap perlindungan terhadap pasangan memang baik bagi kesehatan pasangan. Namun sering kali disalah-artikan oleh masing-masing pasangan tersebut. Ada yang menganggap sikap protektif itu adalah hal yang membosankan dan terkesan lebay.

Jika saya amati dan pernah juga merasakannya, sikap protektif itu gak lebay ko, dan juga tidak membosankan, bahkan bagi saya, sikap protektif itu adalah semacam bentuk kasih sayang, sebagai cara memperhatikan pasangan kita yang sangat kita kasihi.

Sikap protektif terkadang selalu datang tiba-tiba, dan itu datangnya dari hati. Bila pun ada yang dibuat-buat, ya gak apa-apa juga, yang penting tindakannya membuat nyaman. Nah ini ada juga orang yang ngebikin sebel jika membuat perhatian.

Sebenarnya, yang bikin pasangan kita kurang suka dengan sikap protektif kita adalah, sikap perhatian yang berlebihan. Sikap yang berlebihan inilah sering membuat pasangan kita stres, terkadang bikin muak. Ya bagaimana tidak muak atau enek, setiap kali melakukan hal yang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dan tidak membuat negatif, kenapa musti dilarang!

Misalnya, pasangan kamu sering nonton Drama Korea sebelum tidur, dan kamu dilarangan sama pacar kamu, dan memberi saran agar segera tidur. Nah. di sini kan pasti kamu gak mau terganggu dengan hal-hal yang sudah menjadi kebiasaan kamu kan. Makanya jadi gak enak. Padahal nonton Drakor pun gak terlalu malam.

Ada lagi yang pacarnya itu melarang untuk bergaul dengan teman, dengan alasan takut terpengaruh terhadap hal-hal yang dirasakan negatif dalam pergaulan bebas. Ya. di sini kita harus sadar diri juga. memangnya teman-teman kita preman semua? Ya enggak juga kan. Kita sudah dewasa dalam hal memilih dan memilah, mana teman yang harus digauli, mana juga teman yang tidak boleh diikuti.

Selain itu, kita pun sering menemukan sikap protektif  yang berlebihan; Jadi, jika ke mana-mana itu harus ngasih report atau laporan, setiap tindakan yang kita perbuat harus lapor dong ke pacar kita. Memangnya sudah menikah? Nah ini kan belum kawin, masih pacaran gitu...Kalau seperti itu sih memang sungguh berlebihan, yang udah menikah pun, cukup hanya minta izin saja. Namun jika ada apa-apa menyangkut keselamatan, memang harus sesegera mungkin sih. Tapi biasanya orang yang pertama kali kita hubungi ya keluarga lah, pacar mah ke-dua atau ke-tiga. hehe. Tapi ada juga yang report langsung ke pacar juga. Ya wajar dong lapor ke pacar, kan ortunya lagi jauh. hihi.

Percaya Saja Jika Cinta

Initinya sih, jika memang kita sayang sama pasangan kita. Apa yang suka dan tidak suka dari pasangan kita, jangan sampai kita tidak tahu. Kita musti paham dan saling memahami. Termasuk sikap protektif tadi, jangan sampai berlebihan, dan jangan sampai juga menjadi pemicu amarah pasangan kita.

Lagi-lagi rasa percaya kepada cinta yang telah dibangun, harus diandalkan, jika masih rendah harus ditingkatkan, kalau kita tidak percaya dengan pasangan kita. Maka tentunya ini harus dievaluasi. Apakah benar dia itu sayang atau tidak. Ini akan menjadi ukuran bagi pasangan, apalagi buat pasangan yang baru jadian. Cieee... (Ihsan Subhan)
 
Sumber foto: Ilustrasi Over Protektif (halodok)     

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waspadai Sikap Over Protektif dari Pasanganmu!"

Post a Comment

tulis komentar anda yang paling keren di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel